Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Anak Hiperaktif Pada Siswa Kelas Iii Di SD Negeri 9 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015

Susilowati, Lela and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2015) Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Anak Hiperaktif Pada Siswa Kelas Iii Di SD Negeri 9 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
4 BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
5 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab III)
6 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
7 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab V)
8 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (718kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sebab-sebab anak hiperaktif dan upaya mengatasinya pada siswa kelas III di SD Negeri 9 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang memiliki sikap hiperaktif yang ada di SD Negeri 9 Purwodadi Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kualitatif karena dalam penelitian ini data berwujud informasi dan merupakan sumber data deskriptif yang luas yang berlandaskan tokoh-tokoh serta memuat penjelasan tentang proses-proses yang terjadi dalam lingkungan. Dalam penelitian ini analisa data kualitatif merupakan upaya yang berlanjut, berulang-ulang dan terus-menerus. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Sebab-sebab anak hiperaktif antara lain: a) Saat ibu hamil suka merokok, b) kurangnya perhatian dari orang tua, c) orang tua yang selalu memanjakan anak, d) adanya kasih sayang yang berlebihan, e) kebiasaan anak bermain di luar rumah tanpa pantauan dari orang tua dan f) kemampuan yang rendah dalam belajar. Usaha-usaha yang dilakukan untuk mengatasi anak hiperaktif tersebut antara lain: a) berkonsultasi dengan ahli psikolog anak, b) orang tua tidak selalu memenuhi tuntutan anak, c) memberikan kasih sayang dan perhatian sewajarnya dan secukupnya saja, d) meluangkan waktu untuk anak, e) memantau anak setiap saat, f) membimbing dalam belajar, g) selalu memotovasi dan mendorong anak yang positive, h) menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan guru dan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Orang Tua, Hiperaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 May 2015 03:27
Last Modified: 12 Oct 2021 05:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32912

Actions (login required)

View Item View Item