Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Setelah Diterapkan Kurikulum 2013 ( Studi Kasus Di Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo )

Sari, Desy Arumndia and , Masduki, S.Si, M.Si (2015) Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Setelah Diterapkan Kurikulum 2013 ( Studi Kasus Di Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (765kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (608kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkan kurikulum 2013, dilihat dari siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk kontektual pada pokok bahasan SPLDV, dan analisis indikator pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan soal. Informan dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoahrjo. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok. Metode bantu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpilan. Hasil peneliitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari rata – rata nilai perolehan siswa dalam menyelesaikan soal yaitu sebesar 89.09 tergolong sangat baik. Persentase kesalahan pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis sebesar 1.93% tergolong sangat rendah, persentase pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah sebesar 18.06% tergolong sangat rendah. Dari data yang diperoleh berdasarkan analisis jawaban siswa dilihat dari indikator pemahman konsep matematika,dan hasil wawancara menunjukkan bahwa pemahamn konsep matematika siswa pada pokok bahasan SPLDV adalah sangat baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep matematika, kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 May 2015 04:23
Last Modified: 09 Oct 2021 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32904

Actions (login required)

View Item View Item