Fitrianingtyas, Tantri and , Dr. Samino, M.M. (2015) Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Mutu Pembelajaran Di SD Al Firdaus Surakarta Tahun 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (790kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (193kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI (Autosaved).pdf Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) mutu pembelajaran di SD Al Firdaus Surakarta, (2) Mendeskripsikan peran guru dalam mengoptimalkan mutu pembelajaran di SD Al Firdaus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru di SD Al Firdaus Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diawali dengan kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan perannya dengan maksimal sebagai pengajar dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran di SD Al Firdaus Surakarta. Setiap guru telah menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan, guru bisa menjadi demonstrator yang handal, sebagai pengelola kelas, sebagai mediator dan fasilitator dan sebagai evaluator. Guru di SD Al firdaus juga berperan sebagai orang tua dan aktor yang handal di dalam kelas. Mereka bisa memposisikan diri sesuai dengan kondisi kelas yang dihadapi. Mutu pembelajaran yang sudah baik juga harus dipelihara atau ditingkatkan oleh guru. Hal-hal yang dilakukan guru dalam memelihara mutu pembelajaran adalah dengan membuat beberapa program-program baru yang bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru dalam mengajar dan sebagai pendongkrak semangat bagi siswa. Beberapa program tersebut yakni listen study, KKG, the best student dan outing class. Selain itu dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran, kedekatan emosional antara guru dan siswa juga diperlukan, sehingga siswa merasa aman dan nyaman belajar di kelas yang akhirnya berdampak pada kualitas belajar baik juga bisa dicapai oleh siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Mutu Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 05:13 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 03:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32885 |
Actions (login required)
View Item |