Studi Komparasi Penggunaan Strategi Jigsaw dan Student Teams Achivement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Pada Tema Berbagai Pekerjaan Siswa Kelas IV SD Negeri Kleco 1 no. 07 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Sri Muryani, Wiji and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Studi Komparasi Penggunaan Strategi Jigsaw dan Student Teams Achivement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Pada Tema Berbagai Pekerjaan Siswa Kelas IV SD Negeri Kleco 1 no. 07 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (800kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan pengaruh strategi Jigsaw dengan strategi Student Teams Achivement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kleco 1 No. 07 Surakarta, (2) mengetahui strategi Student Teams Achivement Division (STAD) dengan strategi Jigsaw yang lebih besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kleco 1 No. 07 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Kleco 1 No. 07 Surakarta tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung < -ttabel, yaitu -6,253 < -2,2937 dengan nilai rata- rata hasil belajar kelas IV.I lebih kecil dibandingkan kelas IV.II, yaitu 77,17 < 91,64. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan dan pengaruh antara strategi Jigsaw dengan strategi Student Teams Achivement Division (STAD) terhadap hasil belajar, (2) strategi Student Teams Achivement Division (STAD)lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan strategi Jigsaw dalam menigkatkan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Jigsaw, strategi Student Teams Achivement Division (STAD), hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bani Mutakhir
Date Deposited: 25 Apr 2015 06:19
Last Modified: 12 Oct 2021 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32847

Actions (login required)

View Item View Item