Implementasi Strategi Index Card Match Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Khasanah, Ubaed and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Implementasi Strategi Index Card Match Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I .pdf

Download (228kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (285kB)

Abstract

Dalam pembelajaran di sekolah guru memiliki peran yang besar dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh penggunaan strategi Index Card Match terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendiskripsikan strategi pembelajaran yang memiliki pengaruh lebih besar antara strategi Index Card Match dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V A dan siswa kelas V B. Kelas V A merupakan kelas eksperimen yang menerapkan strategi Index Card Match sedangkan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu peneliti melakukan uji keseimbangan untuk mengetahui apakah kedua kelas memiliki kemampuan yang sama atau tidak. Dari hasil perhitungan uji keseimbangan diperoleh thitung < dari t tabel (1,370< 2,0017) dan sig 0,650 > 0,05 yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang seimbang. Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu peneliti melakukan uji prasyarat normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan dengan bantuan SPSS 16 didapat nilai Sig lebih besar dari 0,05 (0,183>0,05 dan 0,200 > 0,05), disimpulkan data penelitian berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh nilai Sig sebesar 0,550 > 0,05 hal ini menunjukkan data analisis berasal dari populasi yang sama atau homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung -2,974 dan df 58 pada taraf nyata α/2 = 0,025 kemudian diketahui t tabel sebesar 2,3011. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t hitung berada pada daerah kritis sedangkan signifikansi 0,004 < 0,05, maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan strategi Index Card Match dalam pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Index Card Match, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bani Mutakhir
Date Deposited: 25 Apr 2015 06:31
Last Modified: 12 Oct 2021 03:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32846

Actions (login required)

View Item View Item