Febriyanti Winoto, Intan and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M.Si., M.Pd (2014) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN 03 Brujul Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (835kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (601kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SDN 03 Brujul. (2) Seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SDN 03 Brujul. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas V SDN 03 Brujul yang berjumlah 28 siswa. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu Y = 31,270 + 0,615X, artinya kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh disiplin belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa. Hal tersebut terbukti dari hasil koefisien arah regresi dari variabel disiplin belajar (b) adalah sebesar 0,615. Dan dengan uji keberartian koefisien arah regresi sederhana untuk variabel disiplin belajar (b) diperoleh > yaitu 9,072>2,052 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti disiplin belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa. Data hasil dari analisis data diperoleh nilai koefisien determinasi ( ) sebesar 0,760 yang menunjukkan bahwa variabel disiplin belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 76%, sedangkan sisanya 24% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin belajar dan kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 24 Apr 2015 07:42 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 06:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32844 |
Actions (login required)
View Item |