Marfuah, Lisya Nurlaily Hajar and , Drs. H. Sami’an, MM (2015) Pengaruh Variasi Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Di MTsN Surakarta II. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (528kB) |
|
PDF (Bab I)
Bab I.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
PDF (Bab III)
Bab III..pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Full.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) pengaruh variasi mengajar guru terhadap minat belajar IPS Terpadu, 2) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran IPS Terpadu, 3) pengaruh variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap minat belajar IPS Terpadu. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode asosiatif. Peneliti mengambil lokasi penelitian di MTsN Surakarta II. Populasi penelitian berjumlah 380 siswa dengan sampel sebanyak 183 dengan teknik sampel random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear Y=13,806+0,425.X1+0,130.X2, yang berarti minat belajar IPS terpadu dipengaruhi oleh variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) variasi mengajar guru berpengaruh positif terhadap minat belajar IPS terpadu. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu sebesar 5,647 > 1,973 dengan nilai signifikansi < 0,05, yaitu sebesar 0,000 < 0,05. (2) pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap minat belajar IPS terpadu. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel, yaitu sebesar 2,120 > 1,973, dengan nilai signifikansi < 0,05 sebesar 0,035 < 0,05. (3) variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran secara bersama- sama berpengaruh positif terhadap minat belajar IPS terpadu. Hal ini dibuktikan melalui hasil analisis uji F memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu sebesar 24,492 > 3,046, dengan nilai signifikansi < 0,05 sebesar 0,000 < 0,05. (4) Variabel variasi mengajar guru memberikan sumbangan relatif sebesar 81% dan sumbangan efektif sebesar 17,3%. Variabel Pemanfaatan Media Pembelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 19% dan sumbangan efektif sebesar 4,1%. Hasil perhitungan R2 sebesar 0,214, yang berarti 21,4% minat belajar IPS terrpadu dipengaruhi oleh variabel variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran, sisanya 78,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Variasi Mengajar Guru, Pemanfaatan Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2015 06:52 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 15:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32833 |
Actions (login required)
View Item |