Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep-Konsep Sederhana Melalui Bermain Tebak-Tebakan Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 2 Sidodadi Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

UTAMININGSIH, TRI and , Dr. Darsinah, M.Si. and , Ilham Sunaryo, M.Pd.AUD (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Mengenal Konsep-Konsep Sederhana Melalui Bermain Tebak-Tebakan Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 2 Sidodadi Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
02. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (519kB)
[img] PDF (Bab 1)
03. BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab 2)
04. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab 3)
05. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab 4)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab 5)
07.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
11 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan bermain tebak-tebakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B TK Pertiwi 2 Sidodadi Masaran Sragen. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, dan catatan lapangan. Data tentang kemampuan kognitif dan penerapan pembelajaran dengan bermain tebak-tebakan dikumpulkan melalui observasi. Data kemampuan kognitif anak dianalisis dengan teknik komparatif, yaitu membandingkan hasil yang dicapai oleh anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dapat bermain tebak-tebakan pada anak kelompok B TK Pertiwi 2 Sidodadi Masaran Sragen mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Kemampuan kognitif anak meningkat dari prasiklus 52,6% menjadi 66,3% pada siklus I. Pada siklus II kemampuannya meningkat menjadi 69,6% dan pada siklus III meningkat hingga mencapai 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan bermain tebak-tebakan dapat meningkatkan kemampuan kognitif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain tebak-tebakan, kemampuan kognitif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2015 08:22
Last Modified: 08 Oct 2021 01:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32819

Actions (login required)

View Item View Item