Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Sidodadi Tahun Pelajaran 2014/2015

MARLINA, MARLINA and , Drs. Harso Daryanto, M.Pd. and , WILI ASTUTI, S.Pd., M.Hum (2015) Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Sidodadi Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (489kB)

Abstract

Metode Bercerita dengan gambar seri merupakan metode yang menarik dan menyenangkan bagi anak usia dini yang akan belajar berbahasa dan berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Realitas yang terjadi didalam kegiatan belajar di Taman Kanak-kanak guru masih menggunakan metode monoton dalam mengembangkan kecerdasan linguistik atau berbahasa anak. Metode yang digunakan tidak mengajak untuk anak ikut perana aktif dalam setiap kegiatan yang diberikan guru, anak hanya duduk dimeja dan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi II Sidodadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur kerja 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan 16 anak kelompok B TK Pertiwi II Sidodadi. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan metode bercerita dengan gambar seri dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak di TK Pertiwi II Sidodadi. Masaran, Sragen. Adapun peningkatan ratarata prosentase kecerdasan verbal linguistk anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni Pra siklus 51,68%, Siklus I mencapai 65,64% dan siklus II mencapai 83,20%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kecerdasan verbal linguistik anak dengan menggunakan metode bercerita dengan gambar seri di TK Pertiwi II Sidodadi Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan verbal linguistik, metode bercerita dengan gambar seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2015 07:49
Last Modified: 07 Oct 2021 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32817

Actions (login required)

View Item View Item