Kusumaningtyas, Atika and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2015) Eksperimentasi Pendekatan Terbuka (Open Ended Approach) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Segi Gender (Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (398kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan Openended terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh gender terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran Open- ended dan gender terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini berjenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel dari penelitian ini, kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dengan 36 siswa dan kelas VIIF sebagai kelas kontrol dengan 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan, analisis variansi dua jalan dengan sel sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pendekatan Open- ended terhadap hasil belajar siswa,dengan harga statistik uji > , yaitu 12,8 > 3,89. (2) tidak ada pengaruh gender terhadap hasil belajar siswa, dengan harga statistik uji < , yaitu 2,88< 3,98. (3) tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan gender terhadap hasil belajar siswa, dengan harga statistik uji < , yaitu 0,014 < 3,98.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | open- ended; gender; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 07:18 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32810 |
Actions (login required)
View Item |