Pemetaan Soal-Soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA Tahun Ajaran 2010/2011 Dan Tahun Ajaran 2011/2012 (Khususnya aspek kognitif berdasarkan TIMSS)

Miswanto, Eko Apri and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2015) Pemetaan Soal-Soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA Tahun Ajaran 2010/2011 Dan Tahun Ajaran 2011/2012 (Khususnya aspek kognitif berdasarkan TIMSS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (757kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebaran soal-soal ujian nasional matematika SMA/MA tahun 2010/2011 dan 2011/2012 yang ditinjau berdasarkan aspek kognitif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi kemudian memetakan soal-soal UN berdasarkan pedoman yang telah dipersiapkan, yaitu memetakan soal-soal UN ke dalam aspek kognitif menurut studi TIMSS Mathematics Framework 2011. Hasil dari penelitian tersebut adalah 1) Soal-soal UN mata pelajaran matematika tingkat SMA/MA tahun pelajaran 2010/2011 dan 2011/2012 tidak tersebar merata berdasarkan aspek kognitif menurut penilaian TIMSS 2011. 2) Persentase aspek kognitif soal-soal tersebut berbeda. Dalam kaitannya dengan aspek kognitif, soal-soal tersebut tersebar dalam 3 cognitive domains yang pertama yaitu Knowing (pengetahuan), Applying (penerapan), dan Reasoning (penalaran). 3) Kelemahan soal-soal UN matematika SMA/MA tahun pelajaran 2010/2011 dan 2011/2012 terletak pada tingkat kesulitan soal-soal itu sendiri, yang terlalu kontekstual, dengan didominasi oleh aspek kognitif pengetahuan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa soal-soal UN matematika tingkat SMA/MA tahun pelajaran 2010/2011 dan 2011/2012 tidak tersebar merata.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis soal UN, TIMSS, Cognitive domains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2015 06:39
Last Modified: 09 Oct 2021 02:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32808

Actions (login required)

View Item View Item