Setiyaningsih, Rina and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2015) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2014/2015 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (722kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (570kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan fungsinya dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Surakarta. Model pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi, teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari a) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru sebelum tindakan ada 10 siswa (31,25%) pada siklus I ada 15 siswa (46,87%) dan siklus II menjadi 25 siswa (78,12%) b) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan ada 6 siswa (18,75%) pada siklus I ada 9 siswa (28,12%) dan siklus II menjadi 15 siswa (46,87%), c) Antusias siswa dalam mengerjakan tugas sebelum tindakan ada 14 siswa (43,75%) pada siklus I ada 17 siswa (53,12%) dan siklus II menjadi 22 siswa (68,75%). Hasil belajar siswa mencapai tuntas KKM yaitu ≥ 80 sebelum tindakan ada 14 siswa (43,75%) pada siklus I ada 19 siswa (59,37%) dan siklus II menjadi 28 siswa (87,50%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Project Based Learning, motivasi belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 03:45 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32802 |
Actions (login required)
View Item |