Studi Komparasi Strategi Think Pair Share Dengan Problem Based Introduction Terhadap Hasil Belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu Boyolali Tahun 2014/2015

Septi Nugraheni, Ardhita and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2015) Studi Komparasi Strategi Think Pair Share Dengan Problem Based Introduction Terhadap Hasil Belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu Boyolali Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (425kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan strategi Think Pair Share dengan strategi Problem Based Introduction terhadap hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu, (2) manakah yang lebih besar pengaruhnya antara strategi Think Pair Share dengan strategi Problem Based Introduction terhadap hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,653 > 2,339 dengan nilai rata-rata hasil belajar IPS kelas IV SD Negeri 2 Ngargosari lebih besar dibandingkan kelas VI SD Negeri 2 Urut Sewu, yaitu 87,067 > 81,783. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan strategi Think Pair Share dengan strategi Problem Based Introduction terhadap hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu, (2) Strategi Think Pair Share lebih besar pengaruhnya dibanding strategi Problem Based Introduction terhadap hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri 2 Ngargosari dan SD Negeri 2 Urut Sewu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi think pair share, problem based introduction, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 20 Apr 2015 08:21
Last Modified: 12 Oct 2021 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32797

Actions (login required)

View Item View Item