Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi pada Model Pembelajaran Discovery Learning (PTK pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Sawit Tahun 2014/2015)

Tukaryanto, Tukaryanto and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2015) Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Terintegrasi pada Model Pembelajaran Discovery Learning (PTK pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Sawit Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (475kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (275kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sawit melalui penerapan pendekatan saintifik yang terintegrasi pada model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Siswa kelas VIII C sebagai penerima tindakan dan guru matematika sebagai pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa menjelaskan ide/ gagasan secara lisan atau tulisan dari (25%) meningkat menjadi (78,57%), 2) kemampuan siswa menyatakan suatu situasi, gambar, diagram, atau benda nyata ke dalam bahasa, simbol, ide, atau model matematika dan atau sebaliknya dari (25%) meningkat menjadi (82,18%), 3) kemampuan siswa mendengarkan dan berdiskusi tentang matematika dari (25%) meningkat menjadi (82,18 %). Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari 1) antusias siswa mengikuti pembelajaran dari (21,43%) meningkat menjadi (85,71%), 2) siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas dari guru dari (28,57%) meningkat menjadi (89,28%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik yang terintegrasi pada model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : discovery learning, komunikasi, motivasi belajar, saintifik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Apr 2015 03:11
Last Modified: 09 Oct 2021 02:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32788

Actions (login required)

View Item View Item