Sulistyaningrum1, Dwi and , Dr. Sumardi, M.Si (2015) Implementasi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal MTs Negeri Surakarta II Tahun 2014/1015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (708kB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (99kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan dan mengetahui kendala implementasi kurikulum 2013 terhadap pembelajaran matematika dengan subyek siswa MTs Negeri Surakarta II kelas VII A1 dan VII H semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode transkipsi, organisasi data, analisis, tahap interpretasi, penemuan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi kurikulum 2013 di MTs Negeri Surakarta II sudah dilaksanakan terbukti dari kefektifan pembelajran matematika yakni, 1) Pembelajaran matematika menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) , 2) Ketuntasan hasil belajar yang meliputi tiga ranah penialain (sikap, keterampilan dan pengetahuan) sesuai dengan penelian autentik, 3) Kemampuan guru menguasai pembelajaran, guru sudah mampu menyusun RPP, namun dalam implementasinya pola pelatihan terhadap guru masih lemah, 4) Aktivitas siswa saat pembelajaran untuk keaktifan memahami masalah susah berjalan, namun dalam proses mengasosiasikan masalah siswa perlu menambah referensi. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan implementasi kurikulum 2013 sudah dilakasanakan pada pembelajaran matematika, dibutukan kerja sama antara siswa, guru, peran sekolah dan peran pemerintah untuk mengatasi faktor-faktor kendala dalam implementasi kurikulum 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika, implementasi, kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Apr 2015 04:03 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32783 |
Actions (login required)
View Item |