Implementasi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal MTs Negeri Surakarta II Tahun 2014/1015

Sulistyaningrum1, Dwi and , Dr. Sumardi, M.Si (2015) Implementasi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal MTs Negeri Surakarta II Tahun 2014/1015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (708kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (99kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan dan mengetahui kendala implementasi kurikulum 2013 terhadap pembelajaran matematika dengan subyek siswa MTs Negeri Surakarta II kelas VII A1 dan VII H semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode transkipsi, organisasi data, analisis, tahap interpretasi, penemuan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi kurikulum 2013 di MTs Negeri Surakarta II sudah dilaksanakan terbukti dari kefektifan pembelajran matematika yakni, 1) Pembelajaran matematika menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) , 2) Ketuntasan hasil belajar yang meliputi tiga ranah penialain (sikap, keterampilan dan pengetahuan) sesuai dengan penelian autentik, 3) Kemampuan guru menguasai pembelajaran, guru sudah mampu menyusun RPP, namun dalam implementasinya pola pelatihan terhadap guru masih lemah, 4) Aktivitas siswa saat pembelajaran untuk keaktifan memahami masalah susah berjalan, namun dalam proses mengasosiasikan masalah siswa perlu menambah referensi. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan implementasi kurikulum 2013 sudah dilakasanakan pada pembelajaran matematika, dibutukan kerja sama antara siswa, guru, peran sekolah dan peran pemerintah untuk mengatasi faktor-faktor kendala dalam implementasi kurikulum 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Matematika, implementasi, kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2015 04:03
Last Modified: 09 Oct 2021 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32783

Actions (login required)

View Item View Item