Mustofa, Rosit and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al-Islam Kartasura Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (625kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (672kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII C SMP Al-Islam Kartasura dalam pembelajaran matematika melalui strategi Discovery Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai pelaku tindakan, guru sebagai pengamat dan siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, catatan lapangan, wawancara dan test. Teknik analisis data dilakukan dengan metode reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan ditinjau dari indikator 1) Siswa yang berani bertanya pada guru meningkat dari sebelumnya sebanyak 6 siswa (18,75%), menjadi 17 siswa (53,12%), 2) Siswa yang aktif dalam diskusi kelompok meningkat dari sebelumnya sebanyak 10 siswa (31,25%), menjadi sebanyak 23 siswa (71,875%), 3) Siswa yang berani mengerjakan soal didepan kelas meningkat dari sebelumnya sebanyak 8 siswa (25%), menjadi 20 siswa (62,50%). Sedangkan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (40,625%), meningkat menjadi 24 siswa (75%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Discovery Learning pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Hasil Belajar, Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Apr 2015 03:23 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32781 |
Actions (login required)
View Item |