Validitas Dan Reliabilitas Soal Tengah Semester Genap Kaitannya Dengan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2013/2014

Tri Handani, Herika Ambar and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum. (2015) Validitas Dan Reliabilitas Soal Tengah Semester Genap Kaitannya Dengan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (322kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan validitas soal tengah semester genap bahasa Indonesia kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014, (2) mendeskripsikan reliabilitas soal tengah semester genap bahasa Indonesia kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014, dan (3) mengidentifikasi keterkaitan validitas dan realibilitas soal tengah semester genap terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII A SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini mengambil data di SMP Negeri 2 Banyudono. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif terkait dengan interpretasi validitas dan reliabilitas hasil UTS genap kelas VIII A bahasa Indonesia dengan bantuan rumus statistik. Data penelitian berupa butir soal dan hasil jawaban siswa. Adapun sumber data diperoleh dari dokumentasi naskah soal UTS, kunci jawaban, 32 lembar jawab siswa, dan hasil kuesioner guru. Teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif yang dipadukan dengan model Miles and Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dari hasil perhitungan validitas dan realibilitas kemudian diinterpretasikan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga temuan. Pertama, hasil uji validitas butir dengan perhitungan korelasi point biserial (rpbis) dan pearson productmoment dari 45 butir pilihan ganda dan 5 butir uraian menunjukkan bahwa 25 butir soal tergolong valid dan 25 butir soal tidak valid. Interpretasi hasil perhitungan validitas tersebut merujuk pada signifikansi 5% sejumlah 32 siswa menghasilkan t-tabel sebesar 0,296. Kedua, hasil uji reliabilitas butir pilihan ganda dan uraian dengan rumus KR 20 dan alpha cronbach diperoleh koefisien sebesar -0,117 dan -0,495. Interpretasi hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa butir soal UTS tergolong tidak reliabel karena tidak memenuhi batas reliabel sebesar 0,6. Ketiga, ketercapaian tujuan pembelajaran dikaitkan dengan perolehan jumlah butir valid pada soal pilihan ganda diperoleh sebesar 51,1% dan pada soal uraian diperoleh sebesar 40%. Adapun persentase ketercapaian tujuan pembelajaran juga dilakukan dengan cara penskoran jumlah jawaban benar pada setiap butir soal dibagi jumlah siswa dikali dengan 100%. Hasil perhitungan persentase ini menunjukkan bahwa berturut-turut 68,8% dan 100% pada soal pilihan ganda dan uraian dapat dikatakan memenuhi ketercapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: validitas, reliabilitas, ketercapaian tujuan pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2015 02:21
Last Modified: 06 Oct 2021 14:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32760

Actions (login required)

View Item View Item