Iriani, Setiawati and , Drs. Achmad Muthali‟in, M.Si. (2014) Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran PPKN (Studi Kasus Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 2 Colomadu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (790kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan pelaksanaan, kendala, dan solusi dari kendala penilaian autentik pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Colomadu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Validitasnya menggunakan triangulasi sumber data dari narasumber, dokumen, dan peristiwa serta triangulasi teknik dari observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penilaian autentik dalam pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Colomadu secara relatif sudah dapat terlaksana. Penilaian autentik dilakukan pada kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pelaksanaan penilaian autentik pada kompetensi sikap dilaksanakan menggunakan teknik penilaian diri, teman sejawat, jurnal, observasi, pelaksanaan penilaian autentik pada kompetensi keterampilan dilaksanakan menggunakan teknik tes praktik, serta pelaksanaan penilaian autentik pada kompetensi pengetahuan dilaksanakan menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Sedangakan teknik yang belum dilaksanakan atau belum dipahami, yaitu teknik wawancara, penilaian projek, penilaian portofolio, dan tes lisan. Kendala pelaksanaan penialaian autentik, yaitu keterbatasan kertas, tidak bisanya guru mencatat semua kejadian siswa, sulitnya mengenal siswa, terdapat siswa yang belum mengumpulkan tes praktik dan belum tuntas, keterbatasan waktu guru untuk mengkoreksi pekerjaan siswa, serta jumlah siswa yang banyak. Solusi dari pelaksanaan penilaian autentik, yaitu memanfaatkan kertas yang ada, menyuruh siswa untuk memakai nomor absen di bajunya, melakukan remidiasi, melaksanakan koreksi silang, serta menggunakan tes lisan yang berbeda.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian, Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 05:19 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32752 |
Actions (login required)
View Item |