Anentri, Niky Nanda and , Dra. Titik Asmawati, SE, M.Si (2015) Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Terhadap Pemahaman Belajar Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (905kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam kompetensi Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang melalui media pembelajaran komik Akuntansi pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi tindakan. Obyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu ada peningkatan pemahaman belajar melalui media pembelajaran komik Akuntansi pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Hal ini didukung fakta-fakta sebagai berikut : Pemahaman dalam hal pengulangan inti materi sebelum penelitian hanya 20 siswa (45,45%) setelah tindakan siklus I menjadi 32 siswa (72,72%) dan setelah siklus II meningkat menjadi 37 siswa (84,09%). Pemahaman dalam hal pengaplikasian ke dalam pemecahan masalah sebelum penelitian hanya 14 siswa (31,81%), setelah tindakan siklus I menjadi 24 siswa (54,54%) dan setelah siklus II meningkat menjadi 36 siswa (81,81%). Pemahaman dalam hal pemberian contoh sebelum penelitian hanya 7 siswa (15,90%), setelah tindakan siklus I menjadi 20 siswa (45,45%) dan setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 33 siswa (75%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Komik Akuntansi, Pemahaman Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 04:16 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 14:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32748 |
Actions (login required)
View Item |