Wulaningrum, Ulil Albab Damas and , Dr. Sabar Narimo, MM, M.Pd (2015) Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Profesionalitas Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halamna Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (969kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.PDF Download (806kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhmammadiyah 3 Surakarta. 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai profesionalitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif asosiatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Sampel diambil sebanyak adalah 100 siswa diambil dengan teknik propoorsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi yang telah diuji cobakan dengan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 55,089 + 0,195 X1 + 0,318 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh profesionalitas guru dan motivasi belajar Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh persepsi siswa mengenai profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,403> 1,984 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,018 dengan sumbangan efektif sebesar 4,8%. 2) “Ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,909> 1,984 dan nilai signifikansi< 0,05, yaitu 0,005 dengan sumbangan efektif sebesar 7,2%. 3) “Ada pengaruh antara persepsi siswa mengenai profesionalitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarata” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 6,531> 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,120, menunjukkan bahwa besarnya persepsi siswa mengenai profesionalitas guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta adalah sebesar 12%, sedangkan 88% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa mengenai profesionalitas guru, motivasi belajar dan prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 04:07 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 14:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32747 |
Actions (login required)
View Item |