KRISNAWATI , YUNI (2009) PROSES BERPIKIR SISWA SMP NEGERI 4 PATI DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DENGAN LANGKAH POLYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410030013.pdf Download (109kB) |
|
PDF
A410030013.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam : 1) Mengetahui proses berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan soal Matematika bentuk cerita Pokok Bahasan Persamaan Linier dengan Satu Variabel; 2) Mengetahui factor-faktor apa saja yang mempengaruhi Proses berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan soal Matematika bentuk cerita Pokok Bahasan Persamaan Linier dengan Satu Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP NEGERI 4 PATI yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Proses berpikir dalam menyelesaikan soal cerita dengan langkah Polya adalah: a) Kesalahan dalam memahami masalah 68,6%; b) Kesalahan dalam menyusun rencana 44,33%; c) kesalahan dalam menyelesaikan rencana penyelesaian 48,4%; d) Kesalahan siswa tidak memeriksa kembali jawabannya adalah 87,5%; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses berpikir adalah : a) Memahami kelimat; b) Penerapan Konsep; c) Membuat model matematika d) pemecahan masalah. Jadi diharapkan dengan mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita lebih awal maka dapat dicari solusi dari kesulitan tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis_Kesalahan, Soal_Cerita. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 30 Jun 2009 07:26 |
Last Modified: | 02 May 2011 09:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3274 |
Actions (login required)
View Item |