Pengaruh Motivasi Belajar Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Al-Qur’an Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun 2014-2015

Cholil, Munawar and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. (2014) Pengaruh Motivasi Belajar Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Al-Qur’an Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun 2014-2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (642kB)

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keefektifan kegiatan belajar siswa. Ketika motivasi sudah berkembang pada diri siswa maka akan dapat mendorong terwujudnya suatu tujuan belajar. Salah satu tujuan dalam belajar yaitu untuk mencapai hasil prestasi belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kondisi motivasi belajar pendidikan al-Qur’an siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura dan mendiskripsikan pengaruh motivasi belajar al-Qur’an terhadap prestasi belajar bidang studi pendidikan Alqur’an siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Metode penelitian ini menggunakan metode penulisan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menganalisis secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa, 1) siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura kurang memiliki motivasi intrinsik untuk mempelajari al-Qur’an dan lebih dominan dalam motivasi ekstrinsik. Motivasi ekstrinsik yang diperoleh siswa yaitu, orang tua yang selalu memberikan waktu belajar yang cukup untuk siswa, bimbingan yang diberikan orang tua ketika siswa kesulitan dalam belajar, dan suasana sekolah yang nyaman membuat siswa semangat dalam belajar. 2). hasil prestasi belajar yang kurang optimal dikarenakan kurangnya motivasi intrinsik pada diri siswa. Sehingga motivasi belajar al-Qur’an kurang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 15 Apr 2015 07:48
Last Modified: 19 Oct 2021 14:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32733

Actions (login required)

View Item View Item