Prima Septiana, Nur and , Dra. Hj. Kris Pujiatni, Psi. (2015) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Sma Negeri 3 Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (110kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (618kB) |
Abstract
Setiap tahunnya mutu pendidikan semakin mengalami penurunan. Tujuan dari proses pendidikan adalah menghasilkan siswa yang mampu berprestasi. Demi mencapai prestasi yang didambakan siswa tentu membutuhkan motivasi berprestasi untuk mewujudkannya. Faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi, diantaranya adalah konsep diri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi, serta mengetahui tingkat konsep diri dan motivasi berprestasi siswa SMA Negeri 3 Sragen dan sumbangan efektif konsep diri terhadap motivasi berprestasi. Dengan hipotesis : ada hubungan positif antara konsep diri dengan motivasi berprestasi pada siswa SMA Negeri 3 Sragen Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Sragen berjumlah 91 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster sample. Alat ukur yang digunakan adalah skala konsep diri dan skala motivasi berprestasi. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diketahui ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi pada siswa SMA Negeri 3 Sragen, ditunjukkan dengan nilai (r) = 0, 475; dan p = 0,00; (p<0,01), berdasarkan nilai yang diperoleh pada motivasi berprestasi rerata empirik (RE) sebesar 116, 24 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 102,5 yang berarti motivasi berprestasi pada subjek tergolong tinggi. Variabel konsep diri mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 90,30 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 75 yang berarti konsep diri pada subjek tergolong tinggi, sumbangan efektif yang diberikan variabel konsep diri terhadap motivasi berprestasi sebesar 22,6%, ditunjukkan oleh koefisien determinasi (r2) = 0,226
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep diri, motivasi berprestasi, siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 14 Apr 2015 07:38 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 13:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32719 |
Actions (login required)
View Item |