Komparasi Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Soal Tes Sumatif Bahasa Indonesia Berdasarkan Ktsp Dan Kurikulum 2013

HAKIM, LUQMANUL and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2015) Komparasi Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Soal Tes Sumatif Bahasa Indonesia Berdasarkan Ktsp Dan Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (666kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komparasi tingkat kesulitan, daya beda, dan efektifitas distraktor butir soal pada tes sumatif bahasa Indonesia berdasarkan KTSP dan kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif analitik. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, tingkat kesulitan soal tes sumatif bahasa Indonesia KTSP dan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa mayoritas soal berkategori sedang. Adapun rincian kategori tingkat kesulitan soal tes sumatif, yaitu (1) KTSP: mudah = 27,5%, sedang = 70%, sulit = 2,5%; Kurikulum 2013: mudah = 27,5%, sedang = 62,5%, sulit = 10%. Kedua, analisis daya beda menunjukkan tingginya soal yang tidak signifikan sehingga tidak bisa membedakan kelompok tinggi dan kelompok rendah dalam menjawab soal, yaitu sebanyak 25% layak; 60% tidak layak; dan 15% tidak terpercaya pada soal KTSP. Untuk soal Kurikulum 2013, sebanyak 50% layak, 37,5% tidak layak, dan 12,5% tidak terpercaya. Analisis ini diikuti dengan analisis distraktor yang menunjukkan bahwa masih banyaknya jumlah pengecoh yang tidak efektif dan tidak dipilih oleh peserta tes yaitu 36,7% untuk KTSP dan 25,84% untuk Kurikulum 2013, sehingga alternatif pilihan jawaban kurang mengecoh peserta tes. Ketiga, komparasi tingkat kesulitan soal tes sumatif bahasa Indonesia KTSP dengan Kurikulum 2013, yaitu KTSP : Kurikulum 2013 dalam kategori sedang dengan prosentase 70% : 62,5%; sedangkan dari kategori sulit, yaitu KTSP : Kurikulum 2013 dengan prosentase 2,5% : 10%; sedangkan dari kategori mudah, baik soal KTSP maupun soal Kurikulum 2013 memiliki prosentase yang sama yaitu 27,5%. Kata Kunci: komparasi, tingkat kesulitan, daya beda, efektifitas distraktor

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komparasi, tingkat kesulitan, daya beda, efektifitas distraktor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 13 Apr 2015 12:29
Last Modified: 06 Oct 2021 13:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32711

Actions (login required)

View Item View Item