Haris, Muhammad Taufiq and , Prof. DR. Bambang Sumardjoko, M.Pd. (2014) Pengaruh Performa Guru Dan Variasi Metode Pengajaran Terhadap Mutu Pembelajaran PPKn Siswa Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (262kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performa guru dan variasi metode pengajaran terhadap mutu pembelajaran PPKn siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah semua siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 240 siswa dan sampel penelitian 70 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data performa guru dan variasi metode pengajaran terhadap mutu pembelajaran. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, Hasil perhitungan regresi dengan nilai Fhitung = 46.061; Ftabel = 3,23 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh performa guru dan variasi metode pengajaran secara simultan terhadap mutu pembelajaran PPKN siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 dapat diterima. Hasil analisis uji secara parsial pada variabel performa guru sebesar thitung = 5.123 > ttabel = 1,96, yang disimpulkan performa guru berpengaruh secara parsial terhadap mutu pembelajaran. Variabel metode pengajaran, diperoleh nilai thitung = 2.785 >ttabel = 1,96, sehingga variasi metode pengajaran berpengaruh secara parsial terhadap serta mutu pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variable performa guru mempunyai sumbangan efektif sebesar 38,51%, sedangkan pada variable variasi metode pengajaran mempunyai sumbangan efektif sebesar 18,49%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang performa guru dan variasi metode pengajaran secara simultan terhadap mutu pembelajaran PPKN siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Semakin baik performa guru dan variasi metode pengajaran semakin baik pula mutu pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | performa guru, variasi metode pengajaran mutu pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2015 04:01 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32697 |
Actions (login required)
View Item |