Implementasi Karakter Bersahabat Dan Peduli Sosial Pada Siswa SMP (Studi Kasus pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 1 Kalinyamatan Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015)

Sifa, Layyinatus and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si (2015) Implementasi Karakter Bersahabat Dan Peduli Sosial Pada Siswa SMP (Studi Kasus pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari di SMP Negeri 1 Kalinyamatan Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, kendala, dan alternatif solusi dalam implementasi karakter bersahabat dan peduli sosial pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 1 Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakter bersahabat dan peduli sosial selalu diimplementasikan oleh guru pada setiap siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 1 Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Cara mengimplementasikan sikap bersahabat dari masing-masing guru hampir sama yaitu apabila guru ingin peserta didik menghargai pendapat orang lain, memberikan dukungan kepada teman, berbagi, membiasakan bermusyawarah untuk memecahkan masalah, mengutamakan kepentingan bersama, mengembangkan sikap demokratis, menyukai bergotong royong, serta dapat bekerja sama dalam kelompok, guru juga harus mempunyai sikap tersebut sehingga dapat dicontoh oleh anak didiknya. Cara mengimplementasikan sikap peduli sosial dari masing-masing guru hampir sama yaitu apabila guru ingin peserta didik memperlakukan orang lain dengan sopan, bertindak santun, toleran terhadap perbedaan, tidak suka menyakiti orang lain, tidak mengambil keuntungan, mampu bekerjasama, mau terlibat dalam kegiatan masyarakat, menyayangi manusia dan makhluk lain, serta cinta damai dalam menghadapi persoalan, guru juga harus mempunyai sikap tersebut sehingga dapat dicontoh oleh anak didiknya. Hal ini dimaksudkan untuk memantapkan sikap bersahabat dan peduli sosial dari masing-masing siswa melalui keteladanan guru. Kendala dari masing-masing guru dalam mengimplementasikan karakter bersahabat dan peduli sosial bermula dari siswa. Masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menirukan gerakan tari, mengutamakan kepentingan pribadi, mengambil keputusan sendiri, tidak percaya diri pada saat tampil, dan kurang bekerja sama atau kurang kebersamaan dalam latihan tari. Solusi dari masingmasing masalah dalam mengimplementasikan karakter bersahabat dan peduli sosial pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP Negeri 1 Kalinyamatan Kabupaten Jepara berusaha dilakukan oleh guru dan juga siswa. Guru selalu memberikan motivasi pada anak didik agar lebih bersemangat, serta selalu berkomunikasi dan bermusyawarah untuk memecahkan berbagai masalah secara bersama dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, karakter, bersahabat, peduli sosial, kegiatan ekstrakurikuler tari.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2015 04:17
Last Modified: 12 Oct 2021 04:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32689

Actions (login required)

View Item View Item