Upaya Meningkatkan Minat Belajar Dalam Pembelajaran Sub Tema Lingkungan Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri 1 Nampu Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahunpelajaran 2014/2015

Riatin, Riatin, and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Dalam Pembelajaran Sub Tema Lingkungan Melalui Metode Diskusi Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri 1 Nampu Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahunpelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman depan.pdf

Download (735kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab 1.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan model pembelajaran Diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas III SD Negeri 1 Nampu Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2014 / 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas,dengan melakukan tindakan sebanyak dua tindakan dalam dua siklus. Masing-masing tindakan terdiri dari perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan, mengadakan pengamatan tindakan dan merefleksi. Data dikumpulkan melalui tes dan pengamatan dan dianalisis, yang dilanjutkan dengan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pada siklus I adalah 70,78 menjadi 80,19 pada siklus II, Sedangkan kemampuan mengajar guru berdasarkan observasi pada siklus I adalah 66,67 % meningkat menjadi 91,66% pada siklus II, berarti kemampuan guru jauh lebih baik dan dapat diterima oleh siswa, sedangkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan model diskusi pada siklus I persentasenya 63,16% dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 84,21% Hasil yang diperoleh dari penelitian itu menunjukkan bahwa menggunakan metode Diskusi dapat meningkatkan Minat belajar pada siswa Kelas 3 SD Negeri 1 Nampu Kecamatan Karangrayung kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2014 / 2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2015 03:37
Last Modified: 10 Oct 2021 22:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32683

Actions (login required)

View Item View Item