Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SD Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

HANDAYANI, ATIK TRI and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si (2015) Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SD Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (445kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap, motivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015, (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah siswa seluruh kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier sederhana, uji t, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang ditunjukkan dengan uji hipotesis yang diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 4,594 > 2,045 sedangkan perolehan dari uji keberartian linier adalah (0,000 < 0,05) dan f hitung > f tabel dengan df (1, 30) α = 5%, maka (21,102 > 4,17 ), (2) Dari hasil uji determinasi sebesar 0,413 menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh cukup besar terhadap motivasi belajar di SD Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang ditunjukan dengan hasil uji determinasi (R2) sebesar 0,413 artinya bahwa besarnya pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar adalah sebesar 41,3 %, sedangkan 58,7 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2015 07:47
Last Modified: 11 Oct 2021 20:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32672

Actions (login required)

View Item View Item