Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas IV Di SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

SETYANINGRUM, FARIDA EKO and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Kelas IV Di SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (795kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada kelas IV di SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Variabel bebas (X) adalah model pembelajaran problem based learning dan variabel (Y) adalah motivasi belajar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji F, uji r2, dan uji t. Hasil penelitian menghasilkan persamaan garis regresi Y= 54,9+0,23X. Nilai thitung = 2,29 > ttabel =1,70 (2,29 > 1,70). Nilai F hitung = 4,44 > F tabel = 4,17 (4,44 > 4,17) dengan taraf signifikansi 5 %, sehingga H0 ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh pada penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada kelas IV di SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Dan model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh yang besar terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 sebesar 13 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Motivasi, Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2015 07:57
Last Modified: 11 Oct 2021 20:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32650

Actions (login required)

View Item View Item