Yuliana, Yuliana and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dalam Pembelajaran Tema Hidup Rukun Melalui Metode Make a Match di Kelas II SD N 3 Pilangpayung Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
2 ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (492kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
3. Halaman Depan.pdf Download (857kB) |
|
PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan bahwa kemampuan membaca dalam pembelajaran tema Hidup rukun dapat ditingkatkan melalui metode make a match. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru kelas II dan siswa kelas II sebanyak 28 siswa. Sumber data yang digunakan: (1) data yang bersumber dari siswa, mengenai kemampuan membaca, (2) data yang bersumber dari guru, penerapan metode make a match, (3) data yang bersumber dari situasi kelas saat pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) observasi, (2) dokumentasi, dan (3) catatan lapangan. Teknik validasi data menggunakan: (1) kemampuan membaca siswa menggunakan teknik Triangulasi Sumber, (2) metode make a match menggunakan Triangulasi Teknik. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis komparatif, (2) analisis kritis. Prosedur penelitian meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: (1) terdapat peningkatan kemampuan membaca siswa yang ditandai dengan (a) kemampuan efektif membaca, (b) ketepatan, dan (c) kelancaran. Terlihat dalam pencapaian indikator yang mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II. Dari rata- rata hanya 29%, naik menjadi 58% pada siklus I, dan menjadi 84% pada akhir siklus.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, membaca, make a match |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 02 Apr 2015 08:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 22:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32623 |
Actions (login required)
View Item |