KASANAH, KASANAH and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Metode Tai (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Jipang Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran b2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Manuscript publication)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Front page)
Halaman Depan.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Chapter I)
BAB I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Chapter II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
PDF (Chapter III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
PDF (Chapter V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Appendix)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV SD Negeri I Jipang kecamatan Penawangan kabupaten Grobogan melalui model pembelajaran koooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization).. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri I Jipang kecamatan Penawangan kabupaten Grobogan yang berjumlah 42 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparatif dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar sub tema keberagaman budaya bangsaku melalui model pembelajaran koooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) efektif meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV SD Negeri I Jipang kecamatan Penawangan kabupaten Grobogan. Hal ini terbukti pada kondisi awal pra siklus nilai rata- rata siswa 53,58, siklus I nilai rata- rata siswa 60,10, siklus II nilai rata- rata siswa 69,53. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa Kreativitas belajar pada sub tema keberagaman budaya bangsaku melalui model pembelajaran koooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan kreativitas bagi siswa kelas IV SD Negeri I Jipang Kecamatan Penawangan kabupaten Grobogan tahun 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 31 Mar 2015 01:37 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 03:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32600 |
Actions (login required)
View Item |