Studi Perbandingan Hasil Penerapan Strategi Komparatif Tipe Role Playing Dengan Everyone Is A Teacher Here Strategy Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 Di SD Muhammadiyah 3 Surakarta 2014/2015

FAIZAH, Arini Nur and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Studi Perbandingan Hasil Penerapan Strategi Komparatif Tipe Role Playing Dengan Everyone Is A Teacher Here Strategy Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 Di SD Muhammadiyah 3 Surakarta 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (668kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf

Download (356kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar tematik pada Tema Berbagai pekerjaan Sub Tema Jenis-jenis pekerjaan pembelajaran ke Empat yang menggunakan strategi Role playing dan Everyone is a teacer here strategy pada siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta 2014/2015, (2) Untuk mengetahui strategi yang lebih efektif antara pembelajaran menggunakan strategi role playing dan everyone is a teacher here strategy pada siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 3 Surakarta 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimenyang membandingkan akibat dari dua jenis perlakuan tertentu, yaitu strategirole playing, danstrategieveryone is a teacher here dalam pembelajaran tematik. Data penelitian diperoleh dari hasil-hasilpretestdanposttest. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t dananalisis variansi satu jalan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas 4A yang terdiri dari35orang dan kelas 4B terdiridari36 orangdi SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen satu 4 A dan kelas eksperimen dua 4 B. Kelas eksperimen satu menggunakan strategi role playing sedangkan dalam kelas eksperimen dua menggunakan strategi everyoneis a teacher here. Sampel diambil dengan mengunakan teknik Rendem sampling yaitu diambil dengan menggunakan cara undian. Berdasarkan hasil perhitungan analisis variansi satu jalan dengan taraf signifikansi α = 5% diketahuibahwathitung >ttabel, yaitu 2,162 > 2,042 dan p-value < 0,05 yaitu 0,034 < 0,05 yang berartiada perbedaan yang signifikan padahasil belajar menggunakan strategi Role playing dan Everyone is A Teacher HereStrategy dalam pembelajaran tematik. Nilai rata-rata kelas dalamstrategi everyone is a teacher here lebih tinggi (77) dibandingkan dengan kelas denganstrategi role playing(71). Hal ini menunjukan penerapan strategi everyone is a teacher here lebih baik dalam Pembelajaran tematik siswa kelas 4 di SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here menghasilkan hasil pembelajaran yang lebih baik daripada penggunaan strategirole playing. Dengan hasil tersebut maka disarankan Guru dalam proses pembelajaran hendaknya lebih banyak melibatkan siswa, guru sebatas fasilitator dan motivator, guru tidak mendominasi seluruh proses pembelajaran

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: role playing,everyone is a teacher here strategy, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 30 Mar 2015 08:00
Last Modified: 11 Oct 2021 19:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32594

Actions (login required)

View Item View Item