Penyesuaian Diri Pegawai Dalam Menghadapi Perubahan Organisasi

Prastowo, Dion Yoga and , Dr. Yadi Purwanto, M.M. (2014) Penyesuaian Diri Pegawai Dalam Menghadapi Perubahan Organisasi. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (617kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemberian pelimpahan kewenangan walikota kepada camat berimplikasi terhadap kehidupan kerja para pegawai kecamatan untuk mengimplementasikan tugastugas kerja yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyesuaian diri pegawai kecamatan dalam menghadapi pelimpahan kewenangan walikota kepada camat di wilayah Kota Yogyakarta. Wawancara mendalam dilakukan dengan melibatkan 3 responden laki-laki dan 1 responden perempuan yang terbagi di 3 wilayah kecamatan. Karakteristik responden dalam penelitian ini antara lain: Individu yang bekerja sebagai pegawai kecamatan dan berada dibawah kendali kepemimpinan organisasi Pemerintahan Kota Yogyakarta, pegawai yang menjadi objek perubahan organisasi atau mereka yang mengalami penyesuaian diri akibat perubahan yang terjadi dalam organisasi, bersedia untuk berpartisipasi dalam proses wawancara dan memberikan komitmen untuk inform concern hingga penelitian berakhir. Analisis dan interpretasi dalam penelitian ini dilakukan dengan cara: 1) Memahami pernyataan penting, 2) Membuat makna pernyataan, 3) Membuat intisari pernyataan, 4) Menggambarkan secara mendalam fenomena yang diteliti. Verifikasi penelitian menggunakan intersubjective validity dan external audits. Pengembangan strategi penyesuaian diri (coping strategy) dilakukan oleh responden dengan banyak belajar, banyak bertanya, aktif komunikasi, optimalisasi peran SDM dan masyarakat, merubah sudut pandang. Bentuk penyesuaian diri pegawai yang dilakukan adalah dengan bekerja sesuai aturan, memunculkan sisi religius, terlibat aktif dalam perencanaan, belajar aktif, dan mengembangkan karakter pembelajar. Disimpulkan bahwa perubahan organisasi selalu membawa dampak psikologis dan memunculkan karakteristik lingkungan yang baru baik relasi kerja maupun tugas dan tanggung jawab. Bentuk penyesuaian diri pegawai pun akan berbeda, tergantung pada tuntutan dan lingkungan kerja yang selalu dimaknai sebagai cara menyesuaikan diri dalam lingkungan kerja. Memaknai penyesuaian diri akan membawa dampak pada kualitas kehidupan kerja pegawai (quality of work life).

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pelimpahan kewenangan walikota kepada camat, fenomenologi, wawancara mendalam, coping strategy, bekerja sesuai aturan, memunculkan sisi religius, terlibat aktif dalam perencanaan, belajar aktif, mengembangkan karakter pembelajar.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2015 04:00
Last Modified: 19 Oct 2021 17:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32561

Actions (login required)

View Item View Item