Analisis Pengaruh Struktur Asset, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012)

Rahayu, Endah Dwi and , Jati Waskito S.E., M.Si (2014) Analisis Pengaruh Struktur Asset, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (416kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (675kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh struktur asset, tingkat pertumbuhan, profitabilitas dan likuiditas terhadap struktur modal pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2012. Struktur modal merupakan perbandingan antara modal hutang dengan modal sendiri yang digunakan perusahaan untuk melakukan pendanaan biaya operasi dan biaya pembelian aktiva tetap. Populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perusahaan otomotif periode 2010-2012. Sedangkan untuk sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria (1) Perusahaan yang menjadi sampel adalah perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI periode 2010-2012. (2) Perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI selama periode 2010-2012 sudah memiliki dan menyampaikan data laporan keuangan yang lengkap. (3) Perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI yang memiliki laba bersih positif. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD) periode 2010-2012. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 17 perusahaan dengan 47 data. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Dengan pengujian hipotesis menggunakan uji T, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui bahwa secara parsial variabel struktur asset, profitabilitas dan likuiditas mempunyai pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan variabel tingkat pertumbuhan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal. Dan hasil uji F diketahui Fhitung > Ftabel (8,059 > 2,84), maka Ho ditolak, berarti secara simultan menunjukkan bahwa ke empat variabel yaitu struktur asset, tingkat pertumbuhan, profitabilitas dan likuiditas mempunyai pengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 0,434, hal ini menunjukkan bahwa variasi dari struktur modal dapat di jelaskan oleh variabel struktur asset, tingkat pertumbuhan, profitabilitas dan likuiditas sebesar 43,4%, sedangkan sisanya 56,6% di jelaskan atau dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Struktur Asset, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas, Likuiditas dan Struktur Modal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:15
Last Modified: 16 Oct 2021 13:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32530

Actions (login required)

View Item View Item