Rohmani, Heni and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Muhammad Yusron, M.Ag. (2014) Peran Ranting Aisyiyah Sangkrah Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Di Masyarakat Periode 2010-2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab 1)
04 BAB I.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab 2)
05 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
PDF (Bab 3)
06 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
PDF (Bab 4)
07 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
PDF (Bab 5)
08 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
PDF (Bab 6)
09 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (347kB) |
Abstract
Aisyiyah merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang turut andil dalam pengembangan pendidikan Islam di masyarakat melalui dakwah amar ma’ruf nahi munkar. Ranting Aisyiyah Sangkrah adalah contoh organisasi sosial yang menjalankan peran tersebut dalam rangka membentuk kepribadian muslim yang seimbang antara moral dan intelektual. Kepribadian inilah yang dibutuhkan untuk mengatasi problem sosial. Untuk itu, pengembangan pendidikan Islam di masyarakat mutlak diperlukan sebagai antitesis terhadap problem sosial masyarakat Sangkrah yang meliputi nilai-nilai keIslaman belum terimplementasi dalam kehidupan, kesadaran masyarakat akan arti pendidikan rendah, kaum dhuafa dan anak yatim sekitar ranting belum terpelihara dengan baik. Peran tersebut ditunjukkan melalui kegiatan pendidikan formal, nonformal dan informal. Penyelenggaraan kegiatan dikoordinasi oleh majelis-majelis yang dibentuk oleh Pimpinan Ranting Aisyiyah Sangkrah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran ranting Aisyiyah Sangkrah dalam pengembangan pendidikan Islam di masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apa peran ranting Aisyiyah Sangkrah dalam pengembangan pendidikan Islam di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis peran ranting Aisyiyah Sangkrah dalam pengembangan pendidikan Islam di masyarakat. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan dengan metode deduktif, yaitu landasan tolak bersumber dari pemikiran dan teori yang ada. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara struktural fungsional, Ranting Aisyiyah Sangkrah merupakan bagian dari sistem masyarakat dapat membantu menciptakan keseimbangan dengan mengembangkan pendidikan Islam di masyarakat melalui proses sosialisasi dan internalisasi nilai- nilai keislaman ditempuh dengan jalur pendidikan formal, nonformal dan informal dengan membuat program kerja dan kegiatan dalam rangka memotivasi dan menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap pendidikan Islam. Adanya struktur kepengurusan dan diferensiasi peran dalam menata kelembagaannya, membuat kiprah Ranting Aisyiyah Sangkrah dapat berjalan fungsional dalam mengatasi problem sosial masyarakat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ranting Aisyiyah, pendidikan Islam, masyarakat Sangkrah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2015 07:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32526 |
Actions (login required)
View Item |