Perilaku Bullying Pada Siswa Smk Ditinjau Dari Toleransi Dan Keterbukaan Diri Anak Kepada Orang Tua

Purbosari, Sekar and , Dr.Nanik prihartanti, M. Si., P. Si (2014) Perilaku Bullying Pada Siswa Smk Ditinjau Dari Toleransi Dan Keterbukaan Diri Anak Kepada Orang Tua. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI TESIS.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (929kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empirik hubungan antara toleransi dan keterbukaan diri anak kepada orang tua dengan perilaku bullying pada siswa SMK. Sampel penelitian berjumlah 184 siswa yang terdiri dari kelas X, XI, dan XI SMK Harapan Kartasura yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Alat ukur penelitian menggunakan skala perilaku bullying, skala toleransi, dan skala keterbukaan diri anak kepada orang tua. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara toleransi dan keterbukaan diri anak kepada orang tua dengan perilaku bullying siswa SMK. Hasil analisis korelasi menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara toleransi dan perilaku bullying dan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara keterbukaan diri anak kepada orang tua dan perilaku bullying. Sumbangan efektif dari toleransi dan keterbukaan diri anak kepada orang tua dengan perilaku bullying sebesar 15,1% sehingga terdapat 84,9% faktor lain yang mempengaruhi perilaku bullying. Toleransi subyek tergolong tinggi, keterbukaan diri subyek tergolong sedang, dan perilaku bullying subyek tergolong rendah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa toleransi dan keterbukaan diri anak dapat dijadikan sebagai prediktor perilaku bullying, sehingga tingginya toleransi dan keterbukaan diri anak kepada orang tua yang tergolong sedang dapat menurunkan perilaku bullying siswa SMK. Semua elemen yang berkaitan dengan siswa SMK seperti siswa itu sendiri, orang tua, dan guru perlu memahami serta mengembangkan toleransi dan keterbukaan diri agar menurunnya perilaku bullying pada siswa SMK.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perilaku bullying, toleransi, keterbukaan diri anak kepada orang tua.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2015 04:37
Last Modified: 19 Oct 2021 23:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32516

Actions (login required)

View Item View Item