Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa untuk Menghadapi Ujian Nasional (UN) (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Di Sma N 1 Tawangsari)

Saputro, Wachid and , Drs. Joko Sutarso, M.Si (2014) Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa Dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa untuk Menghadapi Ujian Nasional (UN) (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Di Sma N 1 Tawangsari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (541kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (365kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam rangka mencapai suatu tujuan untuk berhasil dalam mengikuti Ujian Nasional dengan nilai yang memuaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang pertama adalah membangun komunikasi antar pribadi yang terpelihara antara guru dengan siswa. Selain itu strategi yang perlu diterapkan diantaranya adalah strategi pengorganisasian materi pembelajaran, strategi penyampaian materi pembelajaran, dan strategi pengelolaan hasil pembelajaran. Tak cukup hanya strategi itu saja yang digunakan, akan tetapi strategi tersebut dapat berjalan dengan baik bila didukung oleh metode-metode yang sesuai dengan kondisi serta keadaan siswa serta didukung dengan media-media pendukung dalam proses pembelajaran. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memberi suatu gambaran terhadap suatu peristiwa, agar peristiwa tersebut dapat dipahami dengan mudah dan jelas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk menanamkan kepercayaan diri siswa di SMA N 1 Tawangsari ini menggunakan strategi-strategi pengorganisasian materi pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, dan pengelolaan hasil pembelajaran dengan didukung oleh metode-metode yang digunakan sekolah baik itu media yang digunakan maupun metode perpaduan antara pendidikan secara praktis dan nature. Metode ini digunkan bertujuan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan dari strategi dan metode yang sudah digunkan. Sedangkan untuk memicu mental dan kepercayaan diri siswa pihak sekolah melakukan langkah-langkah untuk memotivasi siswa, seperti mengadakan kegiatan bimbingan konseling, hipnoteraphi, dan EBT (Emotional Branding Training) yang dilakukan bersama lembaga lain. Sehingga dengan memiliki kemampuan intelektual yang baik dan didukung dengan kepercayaan diri yang baik akan mempermudah siswa dalam menghadapai UN tanpa ada rasa takut, minder, resah, drop, dan kehilangan konsentrasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi interpersonal dalam membangun kepercayaan diri.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:41
Last Modified: 18 Oct 2021 22:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32498

Actions (login required)

View Item View Item