Representasi Perempuan Sebagai Objek Seksualitas (Studi Semiotika Representasi Perempuan Sebagai Objek Seksualitas pada Video Klip Bird, Right Now, Gangnam Style, dan Gentlemandalam official YouTube PSY)

Chusna, Nurdini Tsabitul and , Nur Latifah Umi Satiti, M.A and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2014) Representasi Perempuan Sebagai Objek Seksualitas (Studi Semiotika Representasi Perempuan Sebagai Objek Seksualitas pada Video Klip Bird, Right Now, Gangnam Style, dan Gentlemandalam official YouTube PSY). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasinew.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
judul.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (110kB)

Abstract

Trend musik Korea saat ini sedang melanda seluruh dunia dan sangat popular terutama dikalangan remaja. Salah satu artis Korea yang mendunia adalah video klip PSY, merupakan salah satu artis yang sering menghadirkan kontroversi dalam setiap lagunya termasuk dalam konsep video klip yang sering menggunakan perempuan dengan menampilkan tubuh perempuan dengan pakaian mini ataupun gerakan yang merepresentasikan perempuan sebagai objek seksualitas. Untuk menganalisisnya digunakan analisis semiotika komunikasi dengan metode Roland Barthes, untuk mencari maknanya dengan cara analisis denotasi, konotasi maupun mitos. Studi semiotik digunakan untuk menganalisis adegan-adegan yang menampilkan perempuan sebagai objek seksualitas. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa perempuan yang dihadirkan dalam video klip PSY menjadi objek seksualitas dikarenakan system kapitalis yang sangat patriarki oleh PSY, sehingga tubuh perempuan hadir untuk menyenangkan orang lain dalam sudut pandang laki-laki. Objek seksualitas tersebut direprsentasikan dengan menampilkan bagian tubuh perempuan yang erotis seperti pergelangan tangan, bagian panyudara perempuan, pantat, dan tungkai kaki dan menunjukan glamoritas perempuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Objek seksualitas, Feminisme marxis, Semiotika
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Mar 2015 07:38
Last Modified: 18 Oct 2021 22:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32488

Actions (login required)

View Item View Item