Pelatihan Keterampilan Sosial Untuk Meningkatkan Citra Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Subakti, Jarot and , Dr. Yadi Purwanto, M.M. (2014) Pelatihan Keterampilan Sosial Untuk Meningkatkan Citra Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (273kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (436kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (281kB)
[img] PDF (Bab II)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan keterampilan sosial terhadap citra diri ABK. Hipotesis yang diajukan Ada perbedaan citra diri sebelum dan sesudah pelatihan keterampilan sosial. Citra diri subjek setelah mengikuti pelatihan keterampilan sosial lebih tinggi dibandingkan sebelum pelatihan. Subjek penelitian. Subjek penelitian adalah ABK (anak berkebutuhan khusus) SMK BOPKRI 2 Yogyakarta sebanyak 20 siswa, yaitu 10 subjek dalam kelompok eksperimen, dan 10 subjek dalam kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan skala citra diri, wawancara dan observasi. Intervensi yang digunakan yaitu pelatihan keterampilan sosial. Metode analisis data menggunakan mann whitney u test. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan citra diri sebelum dan sesudah pelatihan keterampilan sosial. Citra diri subjek setelah mengikuti pelatihan keterampilan sosial lebih tinggi dibandingkan sebelum pelatihan. Secara deskripsi pada kelompok eksperimen sebelum pelatihan (pretest), dari 10 subjek diketahui ada 4 subjek (40%) yang memiliki citra diri rendah, dan terdapat 6 subjek (60%) yang memiliki citra diri sedang. Setelah pelatihan (posttest) diketahui 5 subjek (50%) memiliki citra diri sedang dan 5 subjek (50%) memiliki citra diri tinggi, adapun ketika dilakukan amatan ulang (follow up) ada 5 subjek (50%) memiliki citra diri sedang dan 5 subjek (50%) memiliki citra diri tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: citra diri, pelatihan keterampilan sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2015 01:33
Last Modified: 19 Oct 2021 18:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32450

Actions (login required)

View Item View Item