Subakti, Jarot and , Dr. Yadi Purwanto, M.M. (2014) Pelatihan Keterampilan Sosial Untuk Meningkatkan Citra Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf Download (273kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (436kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (281kB) |
|
PDF (Bab II)
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
|
PDF (Bab III)
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
PDF (Bab IV)
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan keterampilan sosial terhadap citra diri ABK. Hipotesis yang diajukan Ada perbedaan citra diri sebelum dan sesudah pelatihan keterampilan sosial. Citra diri subjek setelah mengikuti pelatihan keterampilan sosial lebih tinggi dibandingkan sebelum pelatihan. Subjek penelitian. Subjek penelitian adalah ABK (anak berkebutuhan khusus) SMK BOPKRI 2 Yogyakarta sebanyak 20 siswa, yaitu 10 subjek dalam kelompok eksperimen, dan 10 subjek dalam kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan skala citra diri, wawancara dan observasi. Intervensi yang digunakan yaitu pelatihan keterampilan sosial. Metode analisis data menggunakan mann whitney u test. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan citra diri sebelum dan sesudah pelatihan keterampilan sosial. Citra diri subjek setelah mengikuti pelatihan keterampilan sosial lebih tinggi dibandingkan sebelum pelatihan. Secara deskripsi pada kelompok eksperimen sebelum pelatihan (pretest), dari 10 subjek diketahui ada 4 subjek (40%) yang memiliki citra diri rendah, dan terdapat 6 subjek (60%) yang memiliki citra diri sedang. Setelah pelatihan (posttest) diketahui 5 subjek (50%) memiliki citra diri sedang dan 5 subjek (50%) memiliki citra diri tinggi, adapun ketika dilakukan amatan ulang (follow up) ada 5 subjek (50%) memiliki citra diri sedang dan 5 subjek (50%) memiliki citra diri tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | citra diri, pelatihan keterampilan sosial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2015 01:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 18:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32450 |
Actions (login required)
View Item |