Aziz, Nashrul and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag. and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. (2014) Peranan Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Ibadah Shalat Dhuha Siswa Kelas VIII-A2 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surakarta II Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN DEPAN.pdf Download (18MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
|
PDF (Bab VI)
09. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Seorang guru memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka menumbuhkembangkan sifat dan sikap disiplin ibadah shalat dhuha terhadap peserta didiknya di sekolah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam mendisiplinkan siswanya, yaitu membiasakan shalat dhuha berjama’ah, memberikan contoh dan tauladan, penyadaran, dan suatu pengawasan. Dan yang paling mempengaruhi dalam pelaksanaan pendisiplinan adalah adanya unsur pendisiplinan itu sendiri, yaitu peraturan yang bersifat memaksa (wajib). Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surakarta II memiliki program kegiatan yang bertujuan agar siswa menjadi lebih disiplin, yaitu: melaksanakan shalat dhuha secara berjama’ah. Adapun permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini ialah: usaha apa yang dilakukan oleh guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surakarta II dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha siswanya. Sedang tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peranan guru dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surakarta II. Adapun manfaat dari penelitian ini, yaitu (1) manfaat teoritis, agar dapat memberikan sumbangan positif teruntuk sekolah mengenai penanaman kedisiplinan terhadap siswanya; (2) manfaat praktis, sebagai masukan teruntuk pendidik mengenai pendisiplinan siswanya. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research) karena data yang diambil langsung dari lapangan dengan metode penulisan deskriptif kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang dipakai ialah: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis yang diambil adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa usaha yang dilakukan guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Surakarta II dalam meningkatkan kedisiplinan ibadah shalat dhuha siswanya adalah dengan melakukan langkah-langkah pendisiplinan, yaitu: mengadakan pembiasaan kegiatan, memberikan contoh dan tauladan, penyadaran, dan pengawasan, sebagaimana yang telah penulis bahas dalam skripsi ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Kedisiplinan, Shalat Dhuha. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Mar 2015 03:12 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32406 |
Actions (login required)
View Item |