Persepsi Mahasantri Terhadap Sistem Pendidikan Pondok Kader Muhammadiyah (Studi Kasus Di Pondok Hajjah Nuriyah Shabran Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013)

Ahmatu, Akbar and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd (2014) Persepsi Mahasantri Terhadap Sistem Pendidikan Pondok Kader Muhammadiyah (Studi Kasus Di Pondok Hajjah Nuriyah Shabran Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (505kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (216kB)

Abstract

Persepsi merupakan salah satu aspek psikologis yang penting bagi manusia dalam merespon kehadiran berbagai aspek dan gejala di sekitarnya. Persepsi mahasantri atas sistem pendidikanpun cenderung dipengaruhi oleh faktor pengalaman, proses belajar, cakrawala, dan pengetahuan terhadap sistem pendidikan yang digunakan pendidik pondok dalam kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran/pendidikan Pondok Shabran, persepsi mahasantri atas sistem pendidikannya seringkali dijadikan polemik dan bahan pembicaraan negatif di kalangan mahasantri. Kondisi ini dapat menjadikan kegiatan perkuliahan dan peribadatan di Pondok kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasantri terhadap penerapan sistem pendidikan yang ada di Pondok Hajjah Nuriyah Shabran UMS. Jenis penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan ialah angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi mahasantri terhadap penerapan sistem pendidikan yang ada di Pondok Hajjah Nuriyah Shabran UMS berdasarkan pada dua hal pokok, yaitu persepsi mahasantri terhadap penerapan sistem pendidikan dan kompetensi pendidik yang ada di Pondok Hajjah Nuriyah Shabran UMS. Persepsi mahasantri terhadap penerapan sistem pendidikan yang ada di Pondok Hajjah Nuriyah Shabran UMS yang positif adalah (1) Mendidik peserta didiknya untuk dapat beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, mampu berdakwah, berideologi dan aktif dalam organisasi Muhammadiyah, membentuk pribadi yang peduli sosial, kritis, cerdas, humanis dan menguasai ipteks; (2) Pendidik yang mengajar mahasantri memiliki kompetensi dakwah, mempunyai kesadaran IMTAQ, ahli dalam mengajar, ilmunya luas, humanis dan berjiwa melayani terhadap peserta didik dan masyarakat, loyal dan aktif ber-Muhammadiyah. Persepsi mahasantri terhadap penerapan sistem pendidikan yang ada di Pondok Hajjah Nuriyah Shabran UMS yang negatif adalah (3) Kurikulum yang digunakan dalam sistem pendidikan Pondok dirasa memberatkan, sistem pendidikan kurang mampu memotivasi mahasantri untuk menjadi manusia yang apresiatif budaya, dan mahasantri tidak mendapatkan pendidikan politik praktis;

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Mahasantri, Pondok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2015 03:03
Last Modified: 19 Oct 2021 14:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32404

Actions (login required)

View Item View Item