Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Sumayyah Di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Fatmawati, Nur Rohmah and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2014) Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Sumayyah Di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)

Abstract

Pembelajaran PBL adalah suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara belajar kritis dan keterampilan pemecahan konteks, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Dengan pendekatan PBL proses pembelajaran diharapkan berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa untuk memecahkan materi pembelajaran, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor pendukung, penghambat, dan solusi penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Sumayyah di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan Problem Based Learning dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Islam Internasional Al Abidin Surakarta. Selain itu juga untuk menemukan faktor pendukung, penghambat, dan solusi penerapan Problem Based Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Islam Internasional Al Abidin Surakarta. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi; sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penerapan Problem Based Learning yang dijalankan di SDII Al Abidin sudah berjalan dengan baik. Faktor pendukungnya adalah kurikulum yang digunakan, sarana dan prasarana yang cukup memadai, kreativitas guru, dan kondisi lingkungan. Faktor penghambatnya adalah kesulitan memunculkan ide, ketersediaan waktu yang kurang, dan perbedaan pemahaman siswa. Sedangkan solusinya adalah memberikan arahan kepada siswa dengan memberikan petunjuk atau klu pada jawaban, penggunaan waktu secara efektif dan efisien, dan pemberian evaluasi dan mengulang-ulang materi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerapan PBL, pembelajaran PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2015 02:30
Last Modified: 19 Oct 2021 14:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32396

Actions (login required)

View Item View Item