Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Sunan Kalijaga Program Khusus

Hanafi, Muhammad Faruq and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2014) Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Sunan Kalijaga Program Khusus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (361kB)

Abstract

Pendidikan dalam konteks menghadapi arus globalisasi kali ini harus memiliki peran yang urgen dalam memanfaatkan perkembangnya dan mengantisipasi hal negatif yang dibawanya. Pendidikan dituntut untuk mampu menghasilkan SDM yang berkualitas yang mampu menghadapi berbagai permasalahan yang kompleks dan mampu menguasai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Merupakan subsistem pendidikan yang perlu diperhatikan agar tercapai tujuannya adalah evaluasi pembelajaran. Dengan evaluasi seorang guru mampu mengetahui sejauhmana keberhasilannya dalam mengadakan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi terutama dalam mengadakan kegiatan evaluasi pembelajaran bagi peserta didiknya Dari latar belakang di atas penelitian ini akan menjawab rumusan masalah yaitu, Bagaimanakah kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran PAI di SD Islam Sunan Kalijaga Program Khusus di Surakarta?. Jenis penilitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi, observasi (pengamatan), dan wawancara (interview). Adapun teknik analisis yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah analisis diskriptif kualitatif. Hasil dari penilitian ini adalah bahwasannya Kompetensi Pedagogik guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran PAI di SD Islam Sunan Kalijaga Program Khusus Di Surakarta dapat terlihat dari berbagai upaya yang telah dilakukan secara sistematis dengan adanya rapat kerja yang membahas prosedur evaluasi, telah ditetapkannya KKM, dan para guru telah menerapkan berbagai bentuk evaluasi diantaranya: test harian, tes tengah semester dan semester, pree test, post test, tes praktek, non test.Usaha-usaha evaluasi tersebut pada akhirnya membawa hasil positif bagi perkembangan peserta didik dan sekolah itu sendiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, SDM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Mar 2015 07:00
Last Modified: 19 Oct 2021 14:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32388

Actions (login required)

View Item View Item