Fatmawati S, Nia and , Dra. Chusniatun, M.Ag and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2014) Nilai Pendidikan Akhlak Pada Kisah Nabi Yusuf Dalam Al-Qur’an. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN DEPAN DLL.pdf Download (636kB) |
|
PDF (Bab I)
4.BAB I.pdf Download (233kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
PDF (Bab III)
6.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
PDF (Bab IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
PDF (Bab V)
8.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
PDF (Bab VI)
9.BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
PDF (Lampiran)
11.LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (394kB) |
Abstract
Imam Ibnu Katsir mengatakan, ketika Nabi Yusuf masih kecil dan belum mencapai usia baligh, ia pernah bermimpi seakan melihat sebelas bintang, dan sebelas bintang itu diumpakanan sebagai kesebelas saudara-sadaraunya yang lain, lalu ia juga melihat matahari dan bulan yang diumpakanan sebagai ayah dan ibunya, namun kesemuanya itu tunduk tersujud kepadanya, ia pun menjadi bingung dengan arti dari mimpi tersebut. Nilai-nilai pendidikan akhlak kisah nabi Yusuf dapat dijadikan sebagai landasan dasar dalam meningkatkan keimanan, walaupun ada berbagai macam godaan-godaan. Hal ini mengandung pengertian bahwa akhlak Nabi Yusuf dapat dijadikan sebagai salah satu landasan dasar dalam meningkatkan pendidikan akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini : Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak pada kisah Nabi Yusuf dalam Al-Qur’an? Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak pada Nabi Yusuf dalam Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang mana seluruh data yang diperoleh melalui pustaka kemudian dianalisis disesuaikan dengan sumber data yang sebenarnya. Teknik pengumpulan menggunakan dokumentasi dengan menelaah berbagai nara sumber dari buku-buku ilmiah, kamus, Al-Qur’an dan lain sebagainya. Analisis data bahwa pada malam itu Nabi Yusuf melihat dalam mimpinya seakan-akan sebelas bintang, matahari dan bulan yang berada di langit turun dan sujud di depannya. Terburu-buru setelah bangun dari tidurnya, ia datang menghampiri ayahnya, menceritakan kepadanya apa yang ia lihat dan alami dalam mimpi namun ayahnya berpesan jangan sampai mimpinya diberitahukan kepada orang lain, karena kelak akan menjadi orang yang dihormati dan diteladani. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : Kisah nabi Yusuf dalam Al Qur’an surat Yusuf ayat 4 – 10 mengisahkan tentang tabir mimpi suatu saat nanti Yusuf akan menjadi orang yang terhormat walaupun saudara kandungnya tidak senang dan berencana untuk melenyapkannya. Nabi Yusuf pada usia 12 tahun sudah menerima wahyu dari Allah SWT lewat mimpi karena memiliki kemurnian jiwa. Nabi Yusuf seorang yang sabar dan tabah pada saat dibuang ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya yang tidak senang keberadaan Nabi Yusuf karena dinilai sangat dicintai oleh ayahnya. Nabi Yusuf memiliki keimanan yang kuat pada saat di goda oleh Zulaikha yang cantik jelita, tetapi tetap dalam keimanan walaupun masuk ke dalam penjara. Nabi Yusuf menolak jabatan dari raja ketika menafsirkan tabir mimpinya sebelum fitnah yang menimpa dirinya dengan Zulaikha benar-benar bersih atau dapat dibuktikan. Nabi Yusuf memiliki sifat amanah dan profesional kerja serta mampu menahan amarah ketika saudara kandung yang membuangnya datang untuk meminta bantuan. Nabi Yusuf merupakan sosok nabi yang memiliki sifat amar ma’ruf nahi mungkar, hal ini terbukti ketika saudaanya meminta bantuan walaupun dahulu yang membuang ke sumur segera dibantu dan dibimbing supaya betaubat
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Akhlak, Kisah Nabi Yusuf, Al Qur’an |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Mar 2015 05:27 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32386 |
Actions (login required)
View Item |