Setiaji, Viki Ari and , Prof. Dr. Harsono, SU. (2015) Studi Komparasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (554kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi antara model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015, 2) pengaruh perbedaan model pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015, 3) model pembelajaran yang memberikan hasil belajar mata pelajaran ekonomi lebih baik antara model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain true experimental design bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sejumlah 274 siswa. Sampel diambil dari dua kelas yaitu kelas X IIS-1 (kelas eksperimen) dan kelas X IS-2 (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes berbentuk essay.Uji prasyarat analisis menggunakan uji keseimbangan kemamapuan awal, uji normalitas, dan uji homogenitas. Teknik analisis data menggunakan uji t dan analisis kovarian. Materi pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini yaitu materi elastisitas. Hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi antara model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran konvensional (diperoleh dari thitung > ttabel = 2,605 > 1,994 dan taraf signifikasi < 0,05, yaitu 0,011), 2) Terdapat pengaruh perbedaan model pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa (diperoleh dari Fhitung > Ftabel = 5,679 > 3,978 atau taraf signifikansi < 0,05, yaitu 0,020), 3) Model pembelajaran problem based learning memberikan hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional (diperoleh dari nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 3,39 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 3,18).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 16 Mar 2015 08:04 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 13:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32360 |
Actions (login required)
View Item |