Hubungan Asupan Asam Lemak Jenuh, Tak Jenuh Dan Kebiasaan Merokok Dengan Kadar Kolesterol Hdl Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner Di Rsud Dr. Moewardi

Sobari, Riska Novianti and , Ririn Yuliati S.Si.T., M.Si and , Siti Zulaekah, A., M.Si (2014) Hubungan Asupan Asam Lemak Jenuh, Tak Jenuh Dan Kebiasaan Merokok Dengan Kadar Kolesterol Hdl Pada Pasien Penyakit Jantung Koroner Di Rsud Dr. Moewardi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (726kB)
[img] PDF (Chapter I)
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Chapter II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Chapter III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Chapter V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Appendix)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Manuscript publicaion)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (631kB)

Abstract

Latar Belakang : Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan gangguan fungsi jantung akibat dari penyumbatan pembuluh darah. Salah satu faktor risiko PJK yaitu faktor diet (asam lemak jenuh dan tak jenuh) dan kebiasaan merokok. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan asupan asam lemak jenuh, tak jenuh dan kebiasaan merokok dengan kadar kolesterol HDL pasien PJK di RSUD Dr. Moewardi. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan studi observasi dengan pendekatan Cross Sectional dengan jumlah 44 sampel. Data yang dikumpulkan meliputi asupan makan diperoleh dengan recall konsumsi makanan, kebiasaan merokok dari kuesioner dan kadar kolesterol HDL dari rekam medis. Analisis data menggunakan Pearson Product Moment. Hasil : Pasien PJK memiliki asupan asam lemak jenuh tidak baik sebanyak 81.81%, asupan asam lemak tak jenuh baik sebanyak 75% dan kebiasaan merokok sedang sebanyak 45.45%. Terdapat hubungan antara asupan asam lemak jenuh dengan kadar kolesterol HDL pada pasien PJK (p=0,001). Tidak terdapat hubungan antara asupan asam lemak tak jenuh dengan kadar kolesterol HDL pada pasien PJK (p=0,236) dan terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dengan kadar kolesterol HDL pada pasien PJK (p=0.034). Kesimpulan : Terdapat hubungan signifikan asupan asam lemak jenuh dan kebiasaan merokok dengan kadar kolesterol HDL pada pasien PJK dan tidak terdapat hubungan antara asupan asam lemak tak jenuh dengan kadar kolesterol HDL pada pasien PJK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asam Lemak Jenuh, Tak Jenuh, Kebiasaan Merokok, Kadar Kolesterol HDL
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2015 04:14
Last Modified: 09 Sep 2022 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32295

Actions (login required)

View Item View Item