Jayadi, Sanyoto Achmad and , Ika Setiyaningsih, S.T., M.T. and , Drs. H. Gotot Slamet Mulyono, M.T. (2014) Kajian Area Parkir Off Street Di Surakarta (Studi Kasus: Solo Grand Mall Dan Hartono Lifestyle Mall). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Front page)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (531kB) |
|
PDF (Chapter I)
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Chapter II)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Chapter III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
PDF (Chapter V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Chapter VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Appendix)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (48MB) |
|
PDF (Manuscript publication)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kebutuhan akan ruang parkir terus meningkat seiring pertumbuhan industri otomotif. Demikian halnya kebutuhan akan ruang parkir di pusat-pusat perbelanjaan di kota Surakarta, misalnya saja di Solo Grand Mall dan Hartono Lifestyle Mall. Meskipun telah ada area parkir yang disediakan namun tetap saja banyak pengunjung yang memarkirkan kendaraannya di luar area parkir yang disediakan. Untuk itu perlu dilakukan kajian untuk mengetahui bagaimana sebenarnya kondisi area parkir yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi desain area parkir, nilai parameter karakteristik parkir, serta sistem antrian yang terjadi di pintu keluar dan tarif yang diberlakukan. Data yang diperlukan meliputi data primer yang didapat melalui survai lapangan untuk mengetahui kondisi desain area parkir, menghitung nilai parameter karakteristik parkir, dan sistem antrian yang terjadi di pintu keluar serta data sekunder yang diperoleh dari manajemen pengelola parkir di masing-masing pusat perbelanjaan untuk mengetahui tarif parkir yang diberlakukan. Hasil kajian menunjukkan bahwa sebagian besar kondisi desain area parkir yang ada telah sesuai dengan standar. Namun ada beberapa hal yang belum sesuai, diantaranya: kemiringan ram lurus dan melengkung, ukuran petak parkir mobil, marka petak parkir sepeda motor, dan kondisi pencahayaan pada ram spiral. Nilai parameter karakteristik parkir di Solo Grand Mall: akumulasi parkir maksimum untuk sepeda motor 945 kendaraan dengan indeks parkir 145,385 % sedangkan akumulasi parkir maksimum untuk mobil 186 kendaraan dengan indeks parkir 40,879%. Volume parkir diperoleh 2432 sepeda motor dan 563 mobil. Durasi parkir rata-rata sepeda motor 97,37 menit dan mobil 120,81 menit. Tingkat pergantian parkir maksimum untuk sepeda motor 3,742/SRP dan untuk mobil 1,237/SRP. Nilai parameter karakteristik parkir di Hartono Lifestyle Mall: akumulasi parkir maksimum sepeda motor 846 kendaraan dengan indeks parkir 81,739% dan akumulasi parkir maksimum untuk mobil 516 kendaraan dengan indeks parkir 50,588%. Volume parkir diperoleh 1562 sepeda motor dan 1458 mobil. Durasi parkir rata-rata sepeda motor 178,37 menit dan mobil 179,43 menit. Tingkat pergantian parkir maksimum untuk sepeda motor = 1,509/SRP dan untuk mobil = 1,429/SRP. Sistem antrian yang terjadi adalah First In First Out (FIFO) dan tarif parkir yang berlaku di Solo Grand Mall adalah Rp1000,00/jam untuk sepeda motor dengan maksimum Rp7500,00 dan Rp2000,00/jam untuk mobil. Sedangkan di Hartono Lifestyle Mall Rp1000,00 (flat) untuk sepeda motor dan Rp3000,00 (flat) untuk mobil.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kajian, karakteristik parkir, off street parking xiv |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2015 02:59 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 07:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32261 |
Actions (login required)
View Item |