PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SEX EDUCATION TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA DEWASA MUDA DI KARTASURA

Tirta, Ibnu Mega and , Arif Widodo, A.Kep, M.Ke and , Dian Hudiyawati, S.Kep., N (2014) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SEX EDUCATION TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA DEWASA MUDA DI KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front Page)
0. cover.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Chapter I)
1. BAB I FINIS.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Chapter II)
2. BAB II FINIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Chapter III)
3. BAB III FINIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Chapter IV)
4. BAB IV FINIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Chapter V)
5. BAB V FINIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Chapter VI)
6. BAB VI FINIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Reference)
7. DAPUS FINIS.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Appendix)
8. LAMPIRAN FINIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Manuscript publication)
10. NASKAH PUBLIKASI FINIS.pdf

Download (948kB)

Abstract

Hasil pra survei dan wawancara tentang pengetahuan dan sikap sex education pada dewasa muda sebanyak 35 dewasa muda di desa Makamhaji secara keseluruhan sebanyak 10 orang sudah mengetahui tentang arti pentingnya sex education baik yang sudah menikah maupun belum, sedangkan 25 orang mengatakan belum pernah mendapatkan informasi dan tabu untuk tidak membicarakan hal tersebut serta mementingkan karir dan pendidikan terlebih dahulu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap tentang seks bebas pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada dewasa muda. Metode penelitian adalah Design yang digunakan Quasi Eksperiment, dengan rancangan yang digunakan adalah Pretest and Posttest control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah 86 dewasa muda usia antara 18-40 tahun yang tinggal di desa Pabelan. Penelitian ini menentukan sampel 30 responden sebagai kelompok eksperimen dan 30 kelompok kontrol dan teknik sampel yang digunakan dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dengan Paired Sample t-test dan Independen simple t-test. Simpulan: Tingkat pengetahuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diberikan pendidikan kesehatan kategori cukup (50,0%), Tingkat pengetahuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan pendidikan kesehatan kategori baik masingmasing (76,7 dan 66,7%), Hasil post test sikap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum diberikan pendidikan kesehatan mayoritas pada kategori baik masing-masing (73,3% dan 60%), Hasil post test sikap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan pendidikan kesehatan mayoritas pada kategori baik masing-masing (80,0% dan 66,7%), Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang sex education terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada dewasa muda di Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, pengetahuan, sex education.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2015 04:55
Last Modified: 29 Apr 2016 11:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32242

Actions (login required)

View Item View Item