Setiawan, Edy Prabowo and , Tri Puji Kurniawan, SKM, M. Kes and , Kusuma Estu Werdani, SKM., M.Kes (2014) Perbedaan Kepuasan Antara Pasien Umum dengan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Penerima Bantuan Iuran (JKN – PBI) Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Nguter Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (762kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (477kB) |
Abstract
Kualitas pelayanan di puskesmas merupakan factor penting yang perlu diperhatikan dalam bidang kesehatan untuk memberikan kepuasan kepada pasien. Setiap pasien mempersepsikan kualitas pelayanan puskesmas antara individu satu dengan lainnya berbeda, termasuk pasien JKN-PBI dan pasien umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan antara pasien umum dengan pasien Jaminan Kesehatan Nasional Penerima Bantuan Iuran (JKN – PBI) terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di Puskesmas Nguter Sukoharjo. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan studi komparatif. Populasi sebanyak 4.959 pasien dan 49 sampel yaitu 49 orang pasien umum dan 49 orang pasien JKN PBI. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Analisis data menggunakan t-Independent. Kesimpulan hasil penelitian yaitu ada perbedaan kepuasan antara pasien pasien umum dan pasien Jaminan Kesehatan Nasional Penerima Bantuan Iuran (JKN – PBI) terhadap pelayanan rawat jalan di Puskesmas Nguter Sukoharjo. Hasil signifikan 0,000 (p = 0,000 < 0,05). Untuk memperkuat hasil uji perbedaan kepuasan pelayanan pegawai antara pasien JKN-PBI dengan pasien umum ditunjukkan hasil mean untuk pasien JKN-PBI sebesar 92,61 dan pasien umum dengan mean sebesar 70,41. Dari hasil mean tersebut ada perbedaan selisih sebesar 22,2
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Terhadap Kualitas Pelayanan, Pasien JKN-PBI, Pasien Umum |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 02 Mar 2015 08:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32144 |
Actions (login required)
View Item |